Khasiat yang di berikan oleh buah pisang, makanan favorit minions

Khasiat yang di berikan oleh buah pisang, makanan favorit minions
http://www.tempatsehat.com/2019/08/khasiat-yang-di-berikan-oleh-buah.html
khasiat yang di berikan oleh buah pisang, makanan favorit minions sumber (genmuda.com)

Buah pisang merupakan buah yang sering kita jumpai di Indonesia. Pisang mudah di dapatkan di semua tempat dan dengan harga yang relatif terjangkau. Pisang cocok di jadikan sebagai makanan pencuci mulut. Mengkonsumsi buah pisang secara teratur ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jika kita cermat memperhatikan, asupan gizi yang di jadikan favorit kebanyakan para atlit dunia adalah buah pisang. Ya, pisang menjadi penyelamat bagi mereka yang berkecimpung di dunia olahraga.

Pisang dengan mudah mampu diserap oleh tubuh dan mengembalikan energi puncak para atlit. Kita sering melihat para pesepakbola yang kelelahan di tengah pertandingan, meraka sering di berikan buah pisang oleh tenaga kesehatannya untuk mengembalikan stamina dengan cepat.

Pada umumnya, kandungan gizi yang terdapat pada setiap buah pisang matang adalah sebagai berikut :
  • Kalori 99 kalori
  • Protein 1,2 gram
  • Lemak 0,2 gram
  • Karbohidrat 25,8 miligram (mg)
  • Serat 0,7 gram
  • Kalsium 8 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Besi 0,5 mg
  • Vitamin A 44 RE
  • Vitamin B 0,08 mg
  • Vitamin C 3 mg dan air 72 gram
Kandungan gizi pada buah pisang banyak sekali, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan masih banyak lagi. Sehingga hanya dengan mengonsumsi buah pisang saja, kandungan gizinya sudah tercukupi secara minimal.

Pilihlah pisang dengan kualitas yang terbaik, pisang yang sudah baik matangnya, yang warna kulitnya sudah hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning. Karena ini akan mudah untuk dicerna. Dan gula pada buah pisang akan diubah menjadi glukosa alami secara cepat di serap ke dalam peredaran darah, sementara buah pisang yang masih mentah sulit untuk dicerna.


Berikut beberapa kasiat buah pisang yang perlu sobat sehat ketahui :

1. untuk sumber energi
Buah pisang yang dengan mudah dapat di cerna, gula yang terkandung di dalam buah pisang diubah menjadi sumber tenaga secara cepat. Dan bagus untuk pembentukkan tubuh, untuk kerja otot, umtuk yang sedang menurunkan berat badan dan sangat efektif untuk menghilangkan rasa lelah saat berolahraga.
Mengkonsumsi dua buah pisang dalam sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk aktivitas sehari-hari.

2. Baik untuk di konsumsi ibu hamil
Buah pisang sangat bagus untuk di konsumsi para wanita hamil, karena mengandung asam folat, yang sangat mudah untuk di serap janin melalui rahim. Namun tidak di anjurkan untuk di konsumsi secara berlebihan, karena satu buah pisang mengandung sekitar 85 sampai 100 kalori.

3. Mengatasi anemia
Dua buah pisang yang dikonsumsi oleh pasien penderita anemia secara rutin dalam sehari sudah cukup, karena memiliki kandungan Fe (zat besi) yang tinggi. Kasiat dalam buah pisang bisa untuk mengatasi kekurangan sel darah merah dan anemia.

4. Mengatasi penyakit usus dan perut
Buah pisang di makan dengan susu cair atau di minum sebagai jus dengan ditambah sedikit susu, dapat di sajikan sebagai obat penyakit usus. Dan dapat juga di rekomendasikan untuk pasien yang mengalami sakit perut dan cholik untuk menetralkan keasaman lambung.
Pisang di hidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena kandungan vitamin C yang terdapat di buah pisang bisa di proses secara cepat. Mentranformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang sangat baik. Dengan begini, keduanya akan tertolong.
Pisang yang utuh atau krim pisang (seperti makanan bayi), dapat di konsumsi oleh pasien yang mengalami diare.
5. Berkhasiat bagi penderita lever
Khasiat buah pisang baik untuk yang menderita lever, baiknya mengkonsumsi dua buah pisang dan di tambah dengan satu sendok madu. Yang akan menambah nafsu makan dan memperkuat tubuh.
6. Mengatasi diabetes
Masyarakat Gorontalo (Sulawesi Utara), jenis pisang Goroho yaitu jenis biah pisang khas dari daerah setempat, merupakan makanan tambahan atau makanan pokok bagi yang menderita diabetes. Buah pisang Goroho yang belum matang biasanya di kukus dan dicampurkan dengan parutan kepala.
7. Mempercantik kulit
Bagi remaja yang bermasalah dengan kulit kasar dan kulit kering ataupun kulit yang berjerawat, daging pisang bisa menjadi solusi. Daging pisang yang di haluskan dan di beri sedikit campuran susu dan madu, dapat di gunakan sebagai masker wajah, dilakukan secara rutin pada wajah dapat memperhalus wajah.
8. Menurunkan berat badan
Buah pisang juga mempunyai khasiat untuk menurunkan berat badan. Bagus untuk kamu yang mempunyai berat badan berlebih dan ingin melakukan diet, empat buah pisang dan di tambah dengan empat gelas susu nonlemak di minum perhari atau sedikitnya tiga hari perminggu. Dengan Jumlah kalori hanya 1250, menu tersebut cukup menyehatkan dan sangat cocok untuk yang mengalami kelebihan berat badan.
9. Mengatasi depresi
Buah pisang juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan suasana hati, mengatasi depresi karena kadar tryptophan yang tinggi di ubah menjadi serotonin – neurotransmitter otak suasana bahagia supaya tidak stres.
10. Mencegah keram pada otot
bagi yang suka olahraga lindungi diri dari keram otot selama latihan dan keram kaki pada saat malam hari dengan memakan buah pisang.
11. Memperkuat tulang
Membangun tulang yang kuat dengan suplementasi buah pisang.
Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.
12. Menurunkan hipertensi
Tinggi kalsium dan rendah garam, buah pisang secara resmi di akui oleh FDA bisa menurunkan tekanan darah dan melindungi kita terhadap serangan jantung dan stroke.
13. Membuang racun
Diperkaya akan pektin, pisang dapat membantu pencernaan, membuang racun racun dan logam berat dari tubuh.
14. Prebiotik
Buah pisang bertindak sebagai prebiotik, dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Dan juga memproduksi enzim untuk penyerapan nutrisi.
15. Mengatasi sembelit
Buah pisang dapat di jadikan sebagai obat sembelit yang alami. Karena dapat berfungsi untuk memperlancar buang air besar. Mengkonsumsi buah pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal dari sembelit.
16. Meredakan sakit maagh
Buah pisang ini bisa di jadikan sebagai solusi bagi penderita penyakit maagh. Karena buah pisang mempunyai kandungan zat penangkal asam dalam tubuh sehingga dapat meredakan sakit maagh.
17. Mencegah kanker ginjal
Makan pisang dapat mencegah kanker ginjal, melindungi mata terhadap degenerasi makula dan membangun tulang yang kuat denga penyerapan kalsium.
18. Pemulihan setelah berhenti merokok
Bagi yang berhenti merokok, pisang yang memiliki kandungan vitamin B yang sangat tinggi serta kalium dan magnesium untuk mempercepat pemulihan dari efek merokok.
19. Mencegah penyakit jantung
Buah pisang dapat di mencegah penyakit jantung, karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terdapat dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh menurunkan kadar kolestrol.

20. Melancarkan peredaran darah
Memiliki kandungan kalium dan potasium buah pisang berkhasiat untuk membantu sirkulasi tubuh. Yang pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga berfungsi untuk memperlancar denyut jantung, dan mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, sehingga mengatur tekanan darah dengan lebih baik.

Related Posts

Load comments

Comments