Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang.

Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang.
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (liputan6.com)




Bau badan yangmengganggu? Pasti membuat kamu tidak percaya diri untuk bertemu dengan orang banyak. Bau badan yang sungguh menyengat pasti akan mengganggu aktivitas kamu. Banyak hal negatif yang akan bisa di sebabkan oleh badan bau atau menyengat yang bisa saja merupakan indikasi bahwa kamu sedang sakit.

Dan jika bukan kamu yang memiliki bau badan yang menyengat, tetapi orang terdekat kamu. Pastinya sangat mengganggu dan merasa tidak nyaman. Apa jadinya jika bau badan yang tidak dan menyengat terjadi pada diri sendiri, memang sih kita tidak sadar, karena kita sudah terbiasa dengan aroma bau badan kita sendiri. Jadi sering tidak menyadari aroma bau badan tersebut.

Kenapa sih badan kita bisa menjadi tidak sedap dan berbau?
Kelenjar keringan menjadi salah satu penyebab bau badan. Karena semua orang pasti memiliki kelenjar keringat. Keringat biasanya tidak bau, tetapi terlalu lama melekat pada badan kulit bahkan kadang sampai berjam-jam akan menyebabkan masalah bau badan.

Bakteri-bakteri yang secara alamiah ada pada kulit akan berkembang biak sangat cepat selama keringat menempel pada tubuh, sehingga bau badan menjadi tidak sedap.


Keringat itu dihasilkan oleh dua kelenjar penting yang ada pada tubuh, seperti kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine tempat dimana kelenjar bening dan tidak berbau dihasilkan sejak kita masih bayi.

Yang biasanya berada ditangan, dahi dan punggung. Kelenjar accrine sendiri bisa menghasilkan keringat yang berguna untuk menurunkan tubuh pada waktu tertentu.
Sedangkan kelenjar apokrin letaknya jauh didalam kulit, biasanya menghasilkan keringat yang bisa menyebabkan bau badan timbul.

Kelenjar ini ada berada dibagian-bagian lipatan kulit seperti ketiak. Karena ketiak memiliki pori-pori yang besar untuk menghasilkan keringat. Jadi kelenjar akan bereaksi bersama bakteri yang berperan dalam prosesnya pembusukan. Jadi timbullah bau badan yang tidak sedap, kelenjar apokrin sendiri bau aktif ketika pubertas.

Inilah ada beberapa penyebab lain bau badan yang tidak sedap yang perlu kamu ketahui :

1. Badan Gemuk

Penyebab bau badan yang menyengat biasanya terjadi pada orang yang berbadan gemuk. Karena orang gemuk memiliki pori-pori yang banyak pada lekukan tubuhnya. Karena area yang hangat, beruap dan gelap, dan mikroorganisme bisa berkembang pesat disana. Maka tidak bisa dipungkiri lagi, bau badan bisa muncul.

2. Infeksi

Penyebab berikutnya bisa juga disebabkan karena adanya infeksi. Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat pada kulit terinfeksi bisa menyebabkan keringa berurea, komponen inlah yang dapat menghasilkan bau. Lebih baik kamu segera mengatasinya, jangan dibiarkan karena mikro organisme semakin berkembang.

3. Toksin

Toksin adalah racun yang tersimpan pada tubuh manusia. Toksin bisa berasal dari mana saja, misalnya lingkungan, makanan dan udara. Ketika organ tidak bisa mengatur keluarnya toksin, maka racun akan menumpuk dalam tubuh.
Saluran hati dan usus besar yang tersumbat menyebabkan aroma tidak sedap keluar dari seluruh tubuh. Bila terjadi, lakukan program detoksifikasi di bagia hati usus besar dan ginjal.

4. Diet yang tidak berimbang

Bau ketiak disebabkan oleh pola diet yang tidak berimbang. Kekurangan zinc dan magnesium bisa menjadi penyebabnya. Tubuh mempunyai unsur kimia tersendiri pada setiap orang.
Mengonsumsi banyak daging dan sayur-sayuran, tentu bau badan akan sangat menyengat. Ada beberapa orang yang tidak bisa memetabolisme makanan yang mengandung banyak zat choline seperti telur, bawang putih, bawang merah, makanan pedas, kopi, alkohol, ikan, kunyit, merica yang menjadi sumber bau badan.

5. Penyakit tertentu

Penyakit tertentu bisa menyebabkan seseorang berkeringat. Seperti HIV, leukemia, hiperhidrosis, gangguan kecemasan, limfoma, diabetes dan hipertiroidisme. Sangat dianjurkan untuk memeriksa diri ke dokter ahli, agar bisa mengetahui penyebab bau ketiak lebih efektif.

Cara menghilang bau badan

  •          Mandilah secara teratur

Usahakan untuk selalu mandi, minimal satu kali sehari. Dan pastikan area rawan berkeringat yang menyebabkan bau badan digosok hingga bersih.

  •          Gunakanlah sabun antibakteri

Setelah mandi secara teratur, alangkah baiknya kamu menggunakan sabun yang berlabel antibakteri. Karena sabun jenis ini bisa mengendalikan bakteri penyebab bau badan, sehingga bisa berkurang.

  •          Keringkan badan dengan benar

Pastikan kamu mengeringkan bagian selangkangan dan ketiak dengan benar. Tubuh yang kering akan susah berkembang biaknya bakteri yang menimbulkan bau badan.

  •          Gunakan Deodoran atau anti perspirant

Deodoran berfunsi untuk mencegah timbulnya bau badan. Antiperspirant berfungsi untuk mengurangi keringat yang keluar. Keduanya adalah produk yang sangat dibutuhkan orang yang memiliki kendala keringat berlebih.

  •          Pakailah pakaian yang tepat

Pakailah pakaian yang berbahan yang tidak membuat cepat gerah. Karena ini akan berdampak untuk meminimalkan keringat yang keluar penyebab bau badan. Dan jangan lupa juga untuk menggunakan kaos kaki, agar bisa mencegah bau tidak sedap pada kaki.

Inilah beberapa bahan alami yang bisa menghilangkan bau badan :

1. Daun Sirih
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.go-dok.com)

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun sirih, sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatn. Daun sirih juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit karena kandungan di dalamnya, seperti vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin dan karotin. Daun sirih adalah cara yang efektif untunk menghilangkan atau mengurangi keringat yang berlebih secara cepat.

2. Daun Beluntas
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.koran.id)

Tanaman kecil yang sering tumbuh dipinggiran pantai ini, mengandung banyak sekali senyawa yang besar dan bermanfaat bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, flavonoid, tanin, asam amino, vitamin A dan juga vitamin C. Tanaman ini sangat mudah dijumpai, karena merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh tanpa dirawat sekalipun.

3. Daun Kemangi
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (poskonews.com)

Minyak atsiri yang terdapat pada daun kemangi, dipercaya dapat menghilang masalah bau badan. Daun kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik.

4. Temulawak
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (wajibbaca.com)

Mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavonoid temulawak cukup ampuh untuk menghilang masalah bau badan.

5. Bunga Kecombrang
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.klikdokter.com)

Bunga kecombrang juga memiliki antioksidan dan zat-zat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti saponin, fenolik, flavonida, alkaloid, tanin, triterpenoid, glukosa, streoid, polifenol, antimikroba, vitamin dan juga mineral. Zat ini berguna untuk menghilangkan bau badan tidak sedap.

6. Jeruk Purut

http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.kompasiana.com)

Jeruk purut kaya akan manfaat, meski asam ternyata jeruk purut memiliki banyak kandungan yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Ada serat, gula, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, kalori, zat besi, sodium dan kalsium.

7. Jeruk Nipis
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (resepkoki.id)

Untuk solusi mudah selanjutnya, kamu dapat menggunakan jeruk nipis agar bau badan dapat hilang. Jeruk purut yang kaya akan manfaat bagi tubuh, seperti vitamin C dan flavonoid. Dan juga terdapat kandungan lain dalam jeruk purut, misalnya asam sitrat, zat besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat dan kalori.

8. Jahe
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.tampilcantik.com)

Jahe juga mengandung minyak atsiri, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena dan resin pahit. Minyak atsiri yang sering di sebut di sini, ampuh sebagai penghilang bau yang tidak sedap pada tubuh. Wedang jahe baik diminum sehari sekali secara rutin, dapat menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

9. Buah Mentimun
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (sebarinfokesehatan.blogspot.com)

Buah Mentimun mengandung air sebanyak 95 persen. Dan juga memiliki vitamin K, vitamin C, magnesium, kalium dan manganm vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin B6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

10. Bawang Putih
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.honestdocs.id)

Aroma yang menyengat pada bawang putih, kadang membuat kita malas untuk menciumnya. Padahal bawang putih sangat berguna sebagai anti bakteri yang kaya akan antioksidan. Yang membuat bawang putih begitu menyengat adalah kandungan senyawa sulfur yang dinamakan allicin.

Dengan mengoleskan bawang putih yang sudah dialuskan, dan didiamkan selama 15 menit, lalu bilaslah dengan air bersih, dijamin ampuh untuk menghilangkan bau badan yang menyengat.

11. Asam Cuka
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (cukabintang.wixsite.com)

Dengan meneteskan cuka pada kapas dan di oleskan diketiak seperti deodoran. Dijamin bisa menghilangkan bau badan yang tidak sedap, karena kandungan asam dalam cuka membantu untuk membunuh bakteri dan kuman penyebab bau badan.

12. Daun Jambu Biji
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (pixelproosal.com)

Tidak hanya buah jambu biji yang bermanfaat, ternyata daunnya juga bisa digunakan sebagai penghilang bau badan. Kandungan mineral dan anti bakteri yang terdapat pada daun jambu biji mampu membunuh kuman penyebab bau badan.

13. Baking Soda
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.123rf.com)

Mampu menyerap keringat dan membunuh bakteri, baking soda diercaya bisa menghilangkan bau yang tidak sedap pada badan.

14. Cengkeh
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (hargabulanini.com)

Cengkel ternyata juga mengandung minyak atsiri, yang mampu menghilangkan bau badan.

15. Cuka Apel
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (parenting.orami.co.id)

Asam tartar yang ada pada buah apel bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Asam asetat juga ada di apel, yang berfungsi sebagai antimikroba.

16. Bunga Rosemery
http://www.tempatsehat.com/2019/08/selamat-tinggal-badan-bau-coba-atasi.html
Selamat Tinggal Badan Bau, Coba Atasi dengan Ini Dijamin Bau Badan Akan Hilang - sumber gambar (www.jurustani.com)

Juga mempunyai kandungan minyak atsiri sebagai penghilang bau badan. Tidak hanya digunakan sebagai bahan herbal, bunga ini juga dapat anda gunakan sebagai cara menghilangkan bau badan yang efektif.

Mulailah hidup sehat dengan
  •          Mandi dua kali sehari
  •          Hindari makanan yang menyebabkan bau badan
  •          Konsumsilah buah setiap hari
  •          Konsumsi sayuran hijau
  •          Sering-seringlah minum air putih
  •          Rajin berolahraga
  •          Menyeka keringat dengan segera dan sering
  •          Mencuci pakaian dengan bersih
  •          Ganti pakaian dengan rutin
  •          Pakailah pakaian yang mampu menyerap keringat

Semoga bermanfaat bagi sobat sehat yang terkendala  dengan bau badan.

Related Posts

Load comments

Comments