Sering-seringlah minum air putih, ini beberapa manfaatnya

Sering-seringlah minum air putih, ini beberapa manfaatnya
http://www.tempatsehat.com/2019/08/sering-seringlah-minum-air-putih-ini.html
Sering-seringlah minum air putih, ini beberapa manfaatnya

Kadang kita sering lupa untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan bugar. Kerjaan yang tidak bisa di tunda menjadi salah satu penyebab kita sering lupa untuk minum air putih.

Umumnya, manusia minum air putih dalam sejari bisa sampai dua liter atau delapan gelas. Karena di picu oleh pengeluaran urine orang dewasa yang bisa sampai 1,5 liter perhari. Air juga bisa keluar melalui pernafasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan biasanya hanya menyumbang sebanyak 20 persen dari total jumlah yang di perlukan tubuh kita. Jadi air putih yang kita minum bisa menjadi pengganti cairan tubuh yang hilang.

Dalam tubuh setiap orang berisi cairan sekitar 60 persen. Sehingga manfaat air putih untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Misalnya, manfaat minum air putih akan membilas racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.

Didalam setiap tubuh manusia berisi cairan sebanyak 60 persen. Sehingga air putih sangat bermanfaat untuk menjaga sistem tubuh seperti, minum air dapat membersihkan dan mengeluarkan racun dari organ vital, membawa nutrisi kedalam sel tubu dan bisa menghasilkan kelembapan pada jaringa telinga, hidung dan tenggerokkan. Tubuh yang kekurangan cairah dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga tubuh tidak dapat berkerja  secara normal.

Sebuah penelitian yang di terbit pada tahun 2019, yang berhubungan dengan seberapa pentingnya pengaruh air minum bagi tubuh manusia. The Indonesia Regional Hydration Study (THIRST) yang di pimpin oleh Prof Dr Ir Hardinsyah MS mengemukakan bahwa sebanyak 46,1 persen dari 1.200 penduduk indonesia yang tinggal di DKI jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi selatan mengalami dehidrasi ringan.

Sedangkan 49,5 persen yang mengalami dehidrasi ringan adalah kalangan remaja lebih tinggi bila di bandingkan dengan orang dewasa yang hanya mencapai 42,5 persen. Ditemukan pula penyebab tingginya angka dehidrasi ini karena kurangnya pengetahuan dari resonden tentang fungsi dan manfaat air putih bagi tubuh.

Selain penelitian dari The Indonesia Regional Hydration Study (THIRST) yang berhubungan dengan pengaruh komsunsi air putih. Penelitian yang dilakukan tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia seperti IPB, Unair, Unhas, telah memberikan kejelassan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan berbagai macam masalah di dalam tubuh. Misalnya, kekurangan 2 persen air dapat menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan pada fungsi otak, seperti susah berkonsentrasi dan kurang kemampuan berpikir.

Kehilangan 4 sampai 6 persen air daat menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala, lemah, letih, , malas bergerak. Dan  apabila sudah mencapai 12 persen, maka fungsi pegerakan otot tubuh dapat terganggu.

Yang lebih parah lagi kekurangan 15 sampai 25 persen cairan pada tubuh dapat berakibat fatal bagi tubuh manusia. Kekurangan air minum dapat menimbulkan gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi pada saluran kemih. Sehingga setiap hari kita dianjukan untuk meminum air dalam jumlah yang cukup untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat air putih bagi tubuh manusia :

http://www.tempatsehat.com/2019/08/sering-seringlah-minum-air-putih-ini.html
Sering-seringlah minum air putih, ini beberapa manfaatnya

1. Melancarkan sistem pencernaan
Usus kita membutuhkan air supaya berfungsi dengan baik. Kekurangan air atau dahidrasi dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sembelit, dan perut yang terlalu asam sehingga dapat meningkat resiko penyakit maagh

Air sangat berperan penting untik sistem pencernaan makanan menjadi lebih baik. Dengan minum air putih, usus besar di dalam tubuh kita lebih siap untuk menyerap nutrisi. Meminum air putih pada pagi hari juga dapat mencegah naiknya asam lambung, metabolisme yang baik dapat mempengaruhi sistem pencernaan yang baik juga.

2. Menjadikan kulit sehat dan cantik
Dehidrasi, kulit kita dapat menjadi lebih rentan terhadap gangguan kulit dan kerutan dini. Minum air putih sebelum tidur sangat bagus dan bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, agar tubuh dapat terhidrasi dengan lebih baik, tubuh dapat melakukan proses pembaruan pada sel, tidur menjadi lebih nyenyak, dan mendetoksifikasi tubuh dari berbagai racun. Mengonsumsi air putih pada saat perut sedang kosong bisa meningkat aliran darah pada kulit yang membuat kulit tampak lebih bersinar, sehat, dan tidak kering.

3. Melumasi sendi
Tulang rawan berada di sendi dan cakram tulang belakang, yang mengandung sebanyak 80 persen air. Dehidrasi dalam waktu yang panjang dapat mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi yang bisa menyebabkan nyeri sendi.

4. Membentuk ludah dan lendir
Saliva membantu mencerna makanan dan menjaga mulut kita, hidung, dan mata agar tetap lembap. Ini dapat mencegah friksi dan kerusakn. Minum air membuat mulut tetap bersih.

5. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh
Darah dalam tubuh lebih dari 90 persen air, dan darah membawa oksigen pada seluruh bagian tubuh.

6. Sebagai bantal otak, sumsum tulang belakang dan jaringan sensitif lainnya
Dehidrasi mempengaruhi struktur otak dan fungsi otak. Ini juga berperan serta dalam produksi hormon dan neurotransmitter. Dehidrasi berkepanjangan dapat menyebabkan masalah dengan penalaran dan berpikir.

7. Mengatur suhu tubuh
Air yang kita minum di simpan di lapisan tengah kulit dan muncul ke permukaan kuliat sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu dapat mendinginkan tubuh saat berolahraga. Beberapa ilmuwan menyimpulkan bahwa ketika air terlalu sedikit di dalam tubuh, penyimpan panas menjadi meningkat dan individu kurang mampu menahan regangan panas. Air yang cukup di dalam tubuh dapat mengurangi ketegangan fisik jika tekanan panas sewaktu latihan.

8. Membersihkan sisa-sisa tubuh
Kita membutuhkan air dalam proses berkeringat, pembuangan air kecil dan buang air besar.

9. Membantu menjaga tekanan darah
Kekurangan air pada tubuh menyebabkan darah menjadi lebih tebal dan meningkatkan tekanan darah.

10. Melancarkan saluran udara
Ketika dehidrasi, saluran udara di batasi oleh tubuh dalam upaya meminimalkan kehilangan air. Ini bisa menyebabkan asma dan alergi lebih buruk.

11. Meningkatkan metabolisme
Dalam keadaan perut kosong diisi dengan air, maka tubuh akan meningkatkan metabolisme kurang lebih 24 persen. Metabolisme yang meningkat juga dapat membantu sistem pencernaan lebih baik. Dalam hal ini bagus untuk orang yang sedang menjalani diet agar nutrisi lebih cepat terserap kedalam tubuh.

12. Menghilangkan mual pada Ibu Hamil
Ibu yang sedang hamil, apa lagi yang masih memasuki awal kehamilan sering merasakan mual. Bisa meminum air hangat untuk membantu meredakan rasa mual yang di alami.

13. Mengeluarkan toksin di dalam tubuh
Manfaat air putih selanjutnya adalah dapat mengeluarkan toksin. Makanan atau minuman yang di konsumsi akan menghasilkan toksin. Air putih bisa digunakan untuk membantu mengeluarkan toksin-toksin tersebut serta zat-zat lain yang terdapat di dalam tubuh. Toksin dan zait lain dikeluarkan melalui keringat atau urine sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang sering di alami yaitu batu ginjal.

14. Menjaga pertumbuhan rambut
Dehidrasi dapat merusak pertumbuhan rambut. Banyak mengonsumsi air minum dapat memberikan nutrisi pada rambut dari dalam hingga luar.
Asupan air yang tidak cukup bisa membuat rambut menjadi rapuh dan tipis. Maka perbanyaklah mengonsumsi air, agar rambut dapat terjaga pertumbuhannnya.

15. Meredakan batuk dan flu
Pada saat batuk dan flu, kita akan merasa tidak nyaman di dalam rongga hidung dan juga dalam tenggorokkan, batuk yang berdahak, membuat dahak akan menumpuk di dalam tenggorokkan. Sementara pada flu, hidung akan tersumbat dengan ingus, sehingga hidung terasa mampet karena tersumbat oleh, dan susah bernafas.
Agar bisa meredakan batuk dan flu, kita dapat menggunakan air hangat. Air yang hangat berperan sebagai antibiotik yang alami sehingga mampu melegakan tenggorokkan dan hidung yang tersumbat.

16. Mengurangi rasa lelah
Tubuh yang terasa lesu dan lelah, bisa jadi di akibatkan karena tubuh kekurangan cairan. Lesu dan lelah merupakan tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi. Dengan minum air putih sebanyak beberapa gelas kamu dapat mengatasinya, kemudian biarkan tubuhmu beristirahat untuk sejenak.

17. Mencegah bau mulut
Salah satu penyebab bau mulut adalah karena kurangnya minum air, sehingga membuat mulut terasa kering dan berbau. Air bertujuan  untuk membersihkan partikel makanan di dalam mulut dan mencegah timbulnya bakteri yang menyebabkan mulut berbau.

18. Memperkuat imun tubuh
Imun adalah sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu mencegah serangan bakteri dan virus jahat yang bisa merusak tubuh.
Salah satu manfaat air putih yang hangat adalah memperkuat imun tubuh supaya organ tubuh seperti ginjal dan hati tetap dapat bekerja dengan baik.

http://www.tempatsehat.com/2019/08/sering-seringlah-minum-air-putih-ini.html

Related Posts

Load comments

Comments