Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air?

Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air?
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (doktersehat.com)

Untuk bisa membiasakan diri dan menerapkan hidup sehat memang tidak mudah. Kita semua tahu bahwa banyak orang yang ingin dan mendambakan pola hidup yang sehat, tetapi sangat sulit untuk bisa mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Dan kita juga tahu bahwa banyak orang yang ingin berolahraga, tetapi terlewat begitu saja karena alasan malas, penat, dan suka menunda.

Semua orang pasti sangat ingin menjadi sehat, karena sehat itu sangat berharga dan bisa menghindari kita dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Banyak yang sibuk mencari cara untuk bisa menjadi sehat, padahal ada cara yang sederhana yang bisa dilakukan untuk menjadi sehat, yaitu dengan sering-seringlah minum air putih.

tak hanya membuat kita menghilangkan rasa haus, air putih juga akan mencegah terjadinya dehidrasi. Dan juga dapat mendukung kinerja berbagai sistem yang ada didalam tubuh.

Jika tubuh terhidrasi dengan cukup, maka metabolisme tubuh bisa berfungsi dengan baik, demikian juga soal kesehatan dan fungsi kognitif. Mengonsumsi air dengan cukup dapat menghindari beberapa masalah kesehatan seperti sembelit hingga gejala stroke.

Rekomendasi terkait jumlah air yang harus diminum diberikan oleh Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board menyatakna bahwa wanita memerlukan 2,6 liter air setiap harinya dan pria memerlukan 3,7 air setiap hari. Untuk mendapat cakupan air tersebut adalah dengan minum air putih dan mengonsumsi cairan seperti sup dan minuman ringan, bersama dengan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak mengandung air.

Namun, berapapun jumlah air yang kita minum, pada intinya adalah kita harus memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, karena tanpa adanya air yang cukup maka aka mengalami dehidrasi dan menganggu kesehatan. Minum air pada waktu yang tepat juga harus dilakukan suaya dapat memaksimalkan efektivitasnya pada tubuh.


Setelah bangun tidur
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (health.detik.com)

Pada saat bangun tidur, tubuh kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Minum satu sampai dua gelas dipagi hari setelah bangun tidur dapat membantu membangkitkan sel-sel dalam tubuh untuk segera beraktivitas.
Mengonsumsi air putih juga dapat membantu tubuh mengeluarkan radikal bebas dan racun dari kalori yang terbakar saat metabolisme tubuh semalam.

Sebelum mandi
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (doktersehat.com)

Mnegonsumsi air hangat dan dikombinasikan dengan kehangatan air saat mandi dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga sehingga menyebabkan tekanan darah turun. Air putih yang diminum sebelum mandi juga dapat mencairkan tingkat natrium tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Sebelum makan dan sesudah makan
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (www.brilio.net)

Minum air putih tiga puluh menit sebelum makan dapat membantu pencernaan bekerja lebih baik dan membuat kita merasa lebih kenyang, artinya asupan makanan yang masuk tidak akan terlalu banyak. Minum air sebelum makan juga bisa membantu melembabkan lambung sebelum diisi makanan.

Tidak hanya sebelum makan, air putih juga wajib diminum setelah makan. Selain untuk membilas mulut dan tenggorokkan, minum air putih juga membantu organ agar lebih mudah mencerna makanan.

Saat merasa lelah atau setelah berolahraga
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (www.harapanrakyat.com)

Lebih dari 70 persen pada setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf. Air membantu kinerja otak bekerja dengan lebih baik, kekurangan air pada otak tidak hanya menyebabkan kelelahan, namun juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, sakit kepala, masalah tidur, marah dan depresi.

Dan juga dianjurkan untuk minum air putih sebelum berolahraga untuk menghindari dehidrasi. Resiko lemas dan cepat lelah saat berolahraga sering terjadi pada orang yang dehidrasi. Demikian juga setelah melakukan olahraga, karena tubuh kita membutuhkan banyak asupan air untuk bisa menjaga kelembaban serta mengganti cairan tubuh yang keluar lewat keringat.

Sebelum tidur
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (makassar.tribunnews.com)

Dengan minum air sebelum tidur dapat membantu mengisi kembali cairan yang hilang setelah beraktivitas sepanjang hari dan dapat membuang racun yang tidak diinginkan tubuh. Jika tubuh terhidrasi sebelum tidur, dapat menurunkan resiko serangan jantung dan stroke. Karena tubuh tubuh dehidrasi maka penyakit kardiovaskular akan semakin mudah menyerang. Selain itu, minum segelas air putih sebelum tidur juga akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Saat sakit
http://www.tempatsehat.com/2019/10/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air.html
Kapan Waktu Terbaik Untuk Minum Air? - sumber gambar (hellosehat.com)

Saat sedang sakit, minumlah banyak air untuk membantu memperbaiki daya tahan tubuh, dan juga akan menghlangkan racun dari tubuh dan membantu kamu lebih cepat pulih.

Dan juga wajib diketahui bahwa, orang dewasa mengeluarkan urin sebanyak 1,5 liter perhari, makanan menymbang 20 persen dari total asupan cairan. Dengan minum air putih 2 liter setiap hari, maka cairan pada tubuh yang hilang bisa tergantikan. Kita kehilangan sekitar 4 gelas air putih setiap hari, bisa melalui pernafasan, melalui keringat dan juga pergerakan usus. Dan minum 0,5 liter air putih bisa membakar 23 kalori.


Related Posts

Load comments

Comments